Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Naik 35 Persen, Target Optimistis Tercapai

Kompas.com - 01/11/2011, 14:46 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh menyatakan, ekspor baik non-migas dan migas nasional meningkat 35,1 persen pada bulan September 2011 dari bulan yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan angka, ekspor kedua sektor pada bulan itu mencapai 17,8 miliar dollar AS. "Kinerja ekspor non-migas bulan September menjadikan ekspor non-migas sampai dengan triwulan ketiga tahun 2011 mencapai 120,9 miliar dollar AS, atau meningkat 31,7 persen," ujar Deddy, dalam konferensi pers terkait ekspor-impor, di Kementerian Perdagangan, Selasa (1/11/2011).

Ditambah dengan ekspor migas sebesar 31,6 miliar dollar AS, maka total ekspor mencapai 152,5 miliar dollar AS. Untuk ekspor non-migas, pencapaian tersebut didorong oleh diversifikasi pasar ekspor terutama ke mitra perjanjian perdagangan bebas (FTA) dan emerging market (pasar negara berkembang) lainnya. Misalnya ekspor non-migas Indonesia ke China yang meningkat 60,1 persen sepanjang Januari-September 2011. Pertumbuhan ekspor ke negara tersebut merupakan yang tercepat dibandingkan ekspor ke negara lainnya.

"Ekspor periode Januari-September tersebut semakin memperkuat optimisme tercapainya target total ekspor sebesar 200 miliar dollar AS di tahun 2011 ini," tambah Deddy.

Keyakinan itu didasarkan atas track record kinerja ekspor selama ini, di mana pada triwulan keempat biasanya ekspor lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya. Jika dilihat dari pergerakannya selama tahun ini, pertumbuhan total ekspor masih di atas 30 persen. Tepatnya, tingkat pergerakan ekspor tahunan rata-rata mengalami pertumbuhan sebesar 35,4 persen.

Dengan demikian, apabila pergerakan ekspor tahunan bisa terus tumbuh di atas 30 persen, maka bukan tidak mungkin target ekspor tahun 2011 sebesar 200 miliar dollar AS bisa dicapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com