Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Kacaukan Pasar Asia

Kompas.com - 02/11/2011, 09:56 WIB
Anastasia Joice

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Kejutan dari Yunani juga melanda pasar saham Asia. Pada awal perdagangan Rabu (2/11/2011) ini, pasar saham Asia bertumbangan begitu dibuka.

Kurs Euro juga menyentuh titik terendah dalam tiga pekan seiring dengan pelepasan aset berisiko oleh para investor. Kejatuhan saham langsung menguapkan keuntungan yang didapatkan pekan lalu ketika para pemimpin Eropa berhasil mencapai kesepakatan tentang cara untuk mengatasi krisis utang di Eropa, termasuk cara menyelamatkan Yunani dari kebangkrutan.

Sikap Perdana Menteri George Papandreou yang akan menyelenggarakan referendum Jumat pekan ini untuk menentukan apakah mau menerima dana talangan atau tidak membuat khawatir banyak pihak.

"Keprihatinan kembali muncul di Eropa, mendesak saham AS dan juga saham di sini," ujar Yumi Nishimura, analis teknis dari Daiwa Securities di Tokyo.

Indeks Nikkei Jepang dibuka turun 1,1 persen. Indeks Kospi Korea turun 2,3 persen dan indeks S&P Australia turun 1,8 persen. Indeks MSCI dunia turun Selasa lalu, kembali ke posisi seperti ketika sebelum menguat.

Padahal, posisi tersebut merupakan posisi tertinggi dalam tiga bulan terakhir ini. Indeks Wall Street juga bertumbangan dengan indeks Dow Jones melemah 2,5 persen. Pasar saham Eropa membukukan penurunan terbesarnya dalam satu bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com