Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Melorot 1,53 Persen

Kompas.com - 03/11/2011, 17:47 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, ditutup lesu. Para investor agak menahan diri bertransaksi karena menunggu hasil pertemuan para pemimpin G20.

Dunia terhenyak ketika Perdana Menteri Perancis George Papandreou menyatakan akan melaksanakan referendum, untuk meminta persetujuan rakyat atas paket dana talangan bagi Yunani.

Pada akhir perdagangan, Kamis (3/11/2011), IHSG terpangkas 57,224 poin atau 1,53 persen menjadi 3.705,810. Sementara Indeks LQ 45 melemah 11,855 poin atau 1,76 persen menjadi 659,235.

Transaksi di lantai bursa sedikit meningkat karena ada pembelian saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) di pasar negosiasi dengan nilai Rp 692,336 miliar.

Transaks ini dilakukan di pasar negosiasi. Akibatnya, transaksi investor asing melonjak. Investor asing membukukan pembelian bersih sebesar Rp 76,7 miliar. Sementara total transaksi yang terjadi sebesar Rp 4,912 triliun.

Pasar saham Asia melemah, masih karena pengaruh ketidakpastian di Eropa. Indeks Hangseng Hongkong 2,5 persen dan indeks Kospi Korea turun 1, 5 persen. Indeks di tempat lain seperti Singapura, Taiwan, Malaysia dan Thailand juga melemah. Indeks Nikkei Tokyo tutup karena hari libur nasional.

"Mungkin ada lebih banyak investor yang mengambil keuntungan dalam beberapa hari ke depan. Kecenderungan ini masih akan terjadi dalam jangka panjang, tidak akan berubah," kata Peng Yunliang, seorang analis di Shanghai.

Pasar saham Eropa juga turun pada awal perdagangan mengikuti pelemahan di Asia. Indeks FTSE Inggris turun 1,4 persen, CAC Perancis turun 1,6 persen dan indeks DAX Jerman turun 2,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com