Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Akuntan Se-ASEAN Adakan Pertemuan

Kompas.com - 07/11/2011, 15:06 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para akuntan se-Asia Tenggara (ASEAN) akan bertemu besok, Selasa (8/11/2011), di Hotel JW Marriot, Jakarta. Pertemuan tersebut dalam rangka penyelenggaraan Regional Public Sector Conference (RSPC) 2011, yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Boediono. "Public sector accounting is for public welfare, harus menyejahterakan masyarakat. Caranya keuangan negara harus ekonomis, efisien dan efektif. Inilah yang akan dibahas dalam RPSC 2011, besok," ujar Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI, Mardiasmo, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (7/11/2011).

Ia pun mengatakan, para akuntan ini akan mendeklarasikan komunike bersama yakni akuntan publik bagi kesejahteraan masyarakat. Para akuntan ini pun akan hadir untuk mendengarkan kisah sukses perkembangan akuntansi sektor publik Indonesia dalam mewujudkan cita-cita kesejahteraan tersebut. Termasuk juga saling berbagi informasi tentang praktik akuntansi sektor publik yang diterapkan di negara mereka masing-masing. "Jadi ada proses take and give antara Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara lainnya," tambah Ketua IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP), Djadja Sukirman.

Menurut Djadja, hal yang sangat penting dalam pertemuan ini adalah IAI ingin membuktikan bahwa Indonesia juga punya contoh keberhasilan penerapan akuntansi sektor publik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain dibuka Wapres, empat menteri juga direncanakan akan hadir sebagai narasumber yakni Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida S Alisjahbana, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com