Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: ASEAN Kutub Ekonomi yang Penting

Kompas.com - 08/11/2011, 12:22 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyampaikan bahwa Asia Tenggara (ASEAN) merupakan salah satu kutub pertumbuhan dan investasi yang penting dalam dunia yang kini terdiri dari banyak kutub (multipolar). Dengan begitu, wilayah ini merupakan pasar yang menarik di tengah-tengah krisis global.

Hal ini disampaikan Agus dalam pidatonya di acara The 8th ASEAN Finance Minister's Investor Seminar, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (8/11/2011). "Ini (ASEAN) merupakan wilayah yang terdiri dari 600 juta orang dan mempunyai PDB (produk domestik bruto) senilai 1,85 triliun dollar AS," ucap Agus.

Bahkan, lanjut dia, kontribusi ASEAN dalam ekonomi global akan meningkat dengan cepat. Karena wilayah ini disokong oleh keadaan demografis yang mendukung dan level investasi yang tinggi. "Melihat perspektif ini, perlambatan dan prospek yang tidak menentu di perekonomian negara-negara maju tidak akan mengubah faktor fundamental dari peluang investasi di ASEAN," tambah Agus.

Dengan sedikit bergurau, ia pun mengumpamakan dirinya sebagai penjual dan mengatakan, "Hal terbaik yang saya tawarkan kepada Anda, para investor, yakni jika investor lainnya menjauh karena krisis global, mungkin kamu bisa masuk ke pasar ASEAN dengan harga yang lebih baik. Dengan kata lain, ini merupakan kesempatan untuk membeli yang tidak boleh Anda lewatkan!," gurau Agus di hadapan peserta seminar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com