Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRISyariah Terus Kembangkan Pembiayaan Mikro

Kompas.com - 11/11/2011, 13:30 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - BRISyariah terus mengembangkan layanan pembiayaan mikronya. Produk dan layanan pembiayaan yang sederhana ditujukan kepada nasabah segmen menengah ke bawah.

"Bahkan BRISyariah juga mendidik segmen ini dalam membuat rencana keuangan bisnis sederhana agar usaha mereka berkelanjutan dan dapat terus tumbuh," ujar Direktur Utama PT Bank BRISyariah, Ventje Rahardjo, dalam D-8 Islamic Microfinance Workshop yang berlangsung di Jakarta, Jumat ( 11/11/2011 ) .

Secara khusus, bank syariah ini memberikan layanan berkelanjutan untuk rantai bisnis dari pemasok hingga pengecer.

Demi kesuksesan melayani segmen ini, BRISyariah pun memiliki sejumlah kunci penting. Menurut dia, produk pembiayaan harus sederhana. Artinya, kontrak dan penghitungannya mudah dipahami. Produk dan layanan juga beragam.

Mudahnya nasabah untuk mengakses produk dan layanan menjadi kunci penting lainnya. Baik itu melalui saluran fisik dan elektronik. Tidak luput pula manajemen risiko yang kuat ditambah dengan mitigasi risiko yang transparan harus dilakukan.

Hasil dari keseriusan BRISyariah melayani pembiayaan mikro ini ditunjukkan dengan portofolio pembayaran yang telah disalurkan kepada nasabah mikro akan mencapai Rp 1,2 triliun sepanjang tahun ini. Melonjak drastis sebesar 176 persen dari periode yang sama tahun 2010 .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com