Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kedelai Berjangka Melemah 1,5 Persen

Kompas.com - 11/11/2011, 15:07 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penutupan perdagangan di bursa CBOT (Chicago Board of Trade) Jumat (11/11/2011), harga kedelai berjangka mengalami penurunan. Harga Kedelai berjangka untuk kontrak Januari 2012 mengalami penurunan sebesar 1,5 persen dan ditutup pada posisi 11,675 dolar AS per bushel.

Harga kedelai melemah di tengah spekulasi bahwa curah hujan cukup ak an mampu meningkatkan produksi k edelai di kawasan Amerika Selatan. Curah hujan tinggi yang akan terjadi selama dua minggu ke depan akan memberikan keuntungan yang cukup baik bagi para petani di Brazildan Argentina, dua produsen Kedelai terbesar setelah AS.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi melaporkan, di Pati Jawa Tengah, harga kedelai juga mengalami penurunan. Harga kacang Kedelai mengalami penurunan harga karena produksi kedelai petani bertambah saat MT III.

Harga kedelai sebelumnya berada pada pada posisi Rp 7.000 per kilogram, kini bertahan pa da kisaran Rp 6.500 per kilogram.

Produksi kedelai dari para petani pada MT III ternyata juga b erpengaruh terhadap harga jual k edelai impor. Sejak Januari hingga September, harga Kedelai impor masih di kisaran Rp 7.000 per kilogram.

Memasuki periode Oktober 2011, harga Kedelai turun menjadi Rp 6.000 per kilogram. Namun, menginjak pekan pertama bulan November, harga komoditas tersebut naik tipis di kisaran Rp 6.500 per kilogram. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com