Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Teken Perawatan Boeing 737-80 NG

Kompas.com - 14/11/2011, 14:37 WIB
Hendra Gunawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia dan CFM Internasional telah memasuki tahapan kesepakatan final pembahasan kerjasama jangka panjang dalam bidang perawatan mesin CFM56-7B - jenis mesin yang digunakan oleh pesawat Boeing 737-800 NG Garuda.

Kesepakatan final tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU yang dilaksanakan Oktober lalu di Jakarta.

Finalisasi pembahasan tersebut ditandai dengan penandatanganan plakat “Commemorating Agreement” antara Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar dan Vice President Sales CFM International Kevin McAllister di Dubai - Uni Emirat Arab hari ini, Minggu (13/11/2011) bersamaan dengan pelaksanaan Dubai Airshow.

Melalui kesepakatan tersebut maka CFM Internasional akan menyediakan layanan perawatan mesin secara komprehensif bagi Garuda dengan system kontrak “Rate Per Flight Hour (RPFH) selama 15 tahun.

Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar dalam rilis resminya mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan wujud nyata dan upaya jangka panjang Garuda dalam melaksanakan program revitalisasi armadanya melalui perawatan mesin berstandar tinggi dengan operasional yang efisien.

“Kerjasama ini juga merupakan penghargaan dan kepercayaan CFM, GE dan Snecma kepada Garuda khususnya dalam keberhasilan program transformasi bisnis Garuda,” tambahnya.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, CFM juga akan mengembangkan kemampuan GMFAeroAsia untuk melaksanakan perawatan overhaul bagi mesin CFM56-7B, sehingga nantinya pelaksanaan overhaul mesin CFM56-7B Garuda dapat dilaksanakan di GMFAeroAsia, sebagai bagian dari perjanjian RPFH.

Kerjasama ini juga menjadi sangat penting mengingat upaya pengembangan kemampuan GMF dalam perawatan CFM56-7B nantinya juga akan memberi dampak bagi peningkatan kompetensi SDM di Indonesia khususnya dalam mendukung pertumbuhan transportasi udara nasional.

Garuda Indonesia Memilih CFM56-5B dan LEAP – 1A Untuk Dukung Operasional A320 Standard dan A320Neo Citilink.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com