Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 60 Triliun-Rp 70 Triliun Digelontorkan di Akhir Tahun

Kompas.com - 16/11/2011, 15:08 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa minggu terakhir menjelang akhir tahun 2011, diperkirakan dana pengeluaran pemerintah sebesar Rp 60-70 triliun akan digelontorkan ke berbagai proyek. Umumnya, untuk pembangunan proyek jalan, jembatan, dan gedung-gedung.

Pengeluaran itu harus diwaspadai, terutama dari sisi akan adanya tekanan terhadap inflasi, kata Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, Rabu (16/11/2011) dalam Breakfast Meeting Indonesia Economic Outlook 2012 di Gedung Bank Indonesia.

Darmin menyayangkan pola pengeluaran pemerintah yang selalu berulang. Hal ini, kata Darmin, tentu saja bukan kelemahan Kementerian Keuangan, tetapi juga seluruh Kementerian. Dan, tidak baik untuk diteruskan, kata dia.

Hal senada dikatakan Rimawan Pradiptyo, dosen ekonomi Universitas Gajah Mada. Memang belum terlihat langkah-langkah perbaikan dalam pencairan belanja modal untuk mendorong perekonomian domestik, kata dia.

Dalam konteks pembangunan infrastruktur, digelontorkannya dana pengeluaran dalam waktu singkat, sangat menyulitkan pengawasan terhadap kualitas infrastruktur yang dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com