Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bandara Changi 3,88 Juta Orang

Kompas.com - 23/11/2011, 15:44 WIB
Ester Meryana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Bandara Changi, Singapura, mencatat pergerakan penumpang sebanyak 3,88 juta orang selama bulan Oktober 2011. Jumlah ini naik sebesar 8,3 persen dari tahun lalu. Demikian informasi yang disampaikan pihak manajemen bandara dalam pesan elektronik yang diterima Kompas.com, Rabu (23/11/2011).

Selain itu, bandara ini juga mencatat kenaikan trafik pesawat menjadi 26.270 pesawat pada bulan tersebut. "(Jumlah ini) melewati catatan sebesar 26.000 pesawat untuk kali pertama, dan ini merupakan rekor bulanan terbaru dalam hal pergerakan pesawat," sebut Terry Lim, pihak manajemen Changi Airport.

Tumbuhnya trafik penumpang didorong oleh peningkatan jumlah perjalanan dari dan ke Asia bagian utara dan Asia Selatan. Jumlah perjalanan di kedua wilayah ini mencatat pertumbuhan dua digit.

Permintaan terhadap perjalanan murah pun terus tumbuh seiring kenaikan penumpang maskapai penerbangan berbiaya rendah (LCC) sebesar 24,8 persen selama bulan Oktober. Sementara itu, jumlah penumpang pada maskapai full service juga tetap tumbuh sebesar 3,2 persen (year on year). Untuk pengiriman kargo, Changi sendiri melayani sekitar 163.000 ton. Ada kenaikan sebesar 0,4 persen dari tahun lalu. Per 1 November 2011, bandara ini terkoneksi dengan 210 kota di 60 negara dan wilayah. Changi pun melayani 100 maskapai dengan lebih dari 6.100 penerbangan mingguan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com