Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Mentah Selama November 112,94 Dollar AS

Kompas.com - 05/12/2011, 13:35 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rata-rata minyak mentah Indonesia  selama November 2011 mencapai 112,94 dollar AS per barrel. Ini berarti naik 3,69 dollar AS per barel dari 109,25 dollar AS per barrel pada Oktober 2011.

Sementara harga Minas/SLC mencapai 116,04 dollar per barrel, naik 5,53 dollar AS per barrel dari 110,51 dollar AS per barrel pada bulan sebelumnya.

Demikian hasil pemantauan Tim Harga Minyak Indonesia, sebagaimana dikutip dalam situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Senin (5/12/2011), di Jakarta.

Menurut Tim Harga Minyak Indonesia, peningkatan harga minyak mentah Indonesia itu, sejalan dengan perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional.

Kenaikan harga minyak mentah itu sebagai dampak meningkatnya permintaan minyak, akibat musim dingin yang datang lebih awal di belahan bumi utara.

Badan Informasi Energi (EIA) dalam laporan November 2011 memperkirakan, konsumsi minyak mentah dunia untuk 2011 meningkat 1,1 juta barel per hari. Hal ini akibat peningkatan konsumsi minyak China dan negara-negara berkembang lain.

Selain itu suplai minyak mentah global  yang terus tertekan karena roduksi non OPEC tidak optimal sehingga menurunkan stok minyak mentah global. Apalagi muncul kekhawatiran pelaku pasar akan turunnya pasokan dari kawasan Timur Tengah, akibat isu program nuklir Iran dan pergolakan politik di Mesir dan Syria.

Faktor lain adalah membaiknya ekonomi AS, diindikasikan dari menurunnya pengangguran dan meningkatnya konsumsi. Selain itu kekhawatiran pasar atas krisis finansial Zona Eropa mereda setelah Bank Sentral Eropa berupaya menurunkan suku bunga.

Untuk kawasan Asia Pasifik, menurut Tim Harga Minyak, peningkatan harga ditopang meningkatnya permintaan minyak mentah oleh kilang-kilang Asia (terutama China dan India).

Hal ini terjadi setelah berakhirnya periode pemeliharaan berkala selama musim gugur. Selain itu konsumsi minyak di Jepang meningkat saat memasuki musim dingin akibat belum beroperasinya sejumlah PLTN pasca gempa bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com