Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Global Hadapi Ketidakpastian

Kompas.com - 05/12/2011, 15:43 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan, situasi ekonomi global masih menghadapi ketidakpastian. Hal ini dilihat secara jelas dari krisis yang terjadi di Eropa dan kelambatan pemulihan ekonomi Amerika Serikat.

Eropa mengalami krisis yang terstruktur. Krisis keuangan bisa menyebar dise luruh Eropa. "Kalau kita menyatakan tidak berdampak bagi Indonesia, hendaknya tidak. Jangan gegabah," kata Hatta ketika membuka konferensi nasional Pembangunan Pariwisata Daerah untuk Mendukung Pariwisata Nasional dan Peningkatan Ekonomi Daerag, di Jakarta, Senin (5/12/2011).

Di tengah situasi krisis ekonomi global saat ini, kondisi ekonomi kuartal pertama hingga ketiga masih menunjukkan pertumbuhan 6,5 persen. Meski demikian, pemerintah mengantisipasi berbagai kemungkinan dampak krisis ekonomi global.

Ekspor pun tumbuh 18 persen dan diperkirakan nilai ekspor Indonesia mampu menembus 200 miliar dollar AS. "Ini sebuah angka tertinggi dalam sejarah ekspor Indonesia," kata Hatta.

Selain itu, Hatta juga menyatakan adanya tren pertumbuhan investasi di Indonesia. Ini bukan hanya prospektif meningkatkan pendapatan masyarakat, tetapi juga meningkatkan ketersediaan lapangan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com