Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stanchart Raih Penghargaan Keuangan Inklusi

Kompas.com - 06/12/2011, 16:20 WIB
Ester Meryana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Standard Chartered meraih penghargaan Financial Inclusion Award dalam acara The Banker's 2011 "Bank of the Year Awards." Bank ini dinilai memiliki operasional yang kuat di level internasional, serta mempunyai cakupan proyek yang besar dalam mengembangkan akses terhadap keuangan.

Proyek yang dimaksud mencakup inovasi struktur keuangan untuk para petani di Afrika. Para petani tersebut diberikan layanan untuk meminjam dana dengan agunan non tradisional, seperti hewan ternak dibanding jenis harta lainnya. Cara ini dipercaya bisa memberdayakan petani dalam memaksimalkan penggunaan modal mereka.

Terkait dengan pengembangan akses keuangan, Stanchart baru-baru ini meluncurkan "Talking ATM." Layanan ini hadir di Cina, Korea, India, dan Indonesia. Ini diperuntukkan bagi nasabah tuna netra dalam melakukan transaksi rutin perbankan, seperti menarik uang tunai. "Kami sangat bangga bahwa Standard Chartered diakui oleh The Banker atas usaha kami untuk meningkatkan akses terhadap keuangan," ujar Group CEO Standard Chartered, Peter Sands, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/12/2011).

Selain kedua hal itu, bank juga membentuk model keuangan mikro di Thailand. Bekerja sama dengan Population and Community Development Association di negara tersebut, Stanchart menciptakan Bank Pembangunan Desa di Desa Ban Nong Pruek. Bank ini membantu penduduk setempat yang tidak memiliki tanah atau agunan lainnya untuk mendapatkan kredit.

Sebanyak 70 orang telah terdaftar sebagai nasabah dengan jumlah tabungan mencapai 2.850 dollar AS. Menurut Sands, kehadiran sejumlah layanan tersebut menandakan bagaimana bank dapat menggunakan keahliannya untuk membuat suatu perubahan positif di negara di mana Standard Chartered beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com