Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Bank Syariah Mandiri Naik jadi AA+

Kompas.com - 12/12/2011, 15:31 WIB
Anastasia Joice

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pemeringkat Fitch Ratings menaikkan peringkat jangka panjang Bank Syariah Mandiri (BSM) dari AA menjadi AA+ dengan prospek stabil. Sementara peringkat obligasi subordinasi 1/2007 juga naik dari AA- menjadi AA.

Demikian keterangan dari Fitch Ratings di Singapura, Senin (12/12/11).

Pada saat bersamaan, pemeringkat terrsebut juga telah memberikan peringkat AA untuk obligasi subordinasi sukuk yang total nilainya mencapai Rp 500 miliar dollar AS dan bertenor 10 tahun.

Kenaikan peringkat BSM ini didorong oleh integrasi yang lebih kuat pada bagian manajemen risiko antara BSM dengan perusahaan induknya, Bank MAndiri. Bank Mandiri mendapatkan peringkat BB+. Hal ini juga sejalan dengan persyaratan dari Bank Indonesia. Selain itu, komitmen untuk menambahkan permodalan juga mendukung kenaikan peringkat BSM.

Prospek stabil didukung oleh harapan Fitch bahwa dukungan dari Bank Mandiri akan terus membuat BSM bertumbuh dalam bisnis perbankan syariah.Bantuan keuangan Bank Mandiri kepada BSM ditunjukkan dengan injeks modal terus sehingga mencapai Rp 1,3 triliun untuk tahun 2011-2013.

Fitch yakin BSM akan dapat memenuhi persyaratan rasio kecukupan modal minimum sebesar 12 persen mulai tahun 2012 dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com