Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emirates Sediakan Layanan Wi-Fi di Airbus A380

Kompas.com - 13/12/2011, 16:49 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang pesawat Emirates kini dapat berbagi, mengirim dan menerima surat elektronik di dalam pesawat. Maskapai ini, baru saja meluncurkan fasilitas konektivitas Wi-Fi Internet bekerja sama dengan penyedia akses terkemuka, OnAir.

Akses Wi-Fi tersebut, dapat dinikmati di 11 armada pesawat Emirates A380. Caranya pun mudah, para pelanggan hanya perlu membuka koneksi wireless dan masuk (log-on) ke jaringan OnAir dengan mengikuti langkah-langkah sederhana.

Emirates sangat memahami bahwa ketersediaan akses ketika berada dalan pesawat adalah hal yang sangat penting, terutama pada penerbangan jarak jauh.

"Mendapatkan akses internet telah menjadi bagian penting dalam penerbangan, seperti halnya saat kita menjalankan kehidupan sehari-hari," kata Patrick Brannelley, Vice President Corporate Communications Product, Publishing, Digital and Events, Selasa (13/12/2011) dalam surat elektroniknya kepada Kompas.

"Dari hasil pengujian, kami mampu belajar banyak tentang apa yang orang ingin lakukan dengan internet, terutama pada saat mengudara. Kami turut berbahagia dapat memberikan fasilitas tersebut dengan harga ekonomis," tambah Brannelley.

Dia menambahkan, Emirates telah memimpin dalam hal penggunaan ponsel saat mengudara pada 91 armada pesawat. Jadi Emirates akan terus berinvestasi untuk menambah produk-produk komunikasi di seluruh armada .

Pada tahap awal, layanan Wi-Fi akan dipasang di 11 dari 19 armada Emirates A380 yang saat ini sudah digunakan. Selanjutnya, akan dipasang di 71 armada Emirates A380 yang kini masih dalam pemesanan.  

Rencananya, harga layanan ini dimulai dari US$7,50 (Rp 75.000) untuk perangkat ponsel dan US$15 (Rp 150.000) untuk laptop, dengan paket data yang memungkinkan akses internet yang luas dengan harga terjangkau.

Sementara paket US$7,50 (Rp 75.000) cukup memadai untuk rata-rata pengguna Blackberry, agar mereka tetap terhubung sepanjang perjalanan dari Dubai ke Paris, penerbangan yang menempuh lebih dari enam setengah jam.  

"Faktanya, pemilihan maskapai Emirates pada layanan konektivitas OnAir di armada A380, meneguhkan strategi kami untuk konsisten mengembangkan layanan berbasis SwiftBroadband global," kata Ian Dawkins, CEO OnAir.    

Emirates, merupakan maskapai dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Kini Emirates terbang ke 116 kota tujuan di 68 negara yang berlokasi di enam benua, dan tercatat sebagai maskapai penerbangan terbesar dengan ketersediaan tempat duduk kilometer.

Dan Emirates, kini mengoperasikan 164 unit Airbus berbadan lebar dan pesawat Boeing, termasuk 19 unit pesawat termodern Airbus A 380.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com