Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: SILPA 2011 untuk Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 20/12/2011, 16:10 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardjojo mengatakan, dana sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA) pada APBN 2011 akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Belum ada angka resmi terkait SILPA. Menkeu mengatakan, kisarannya sekitar 10 persen dari APBN 2011.

"Selain SILPA, yang Presiden sampaikan juga menunjuk pada optimalisasi. Waktu menyusun anggaran akan ada dana optimalisasi. Dan dana optimalisasi itu kalau seandainya proyek-proyek itu siap, dioptimalkan ke infrastruktur," kata Agus seusai menghadiri penyerahan secara simbolis daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) di Istana Negara Jakarta, Selasa (20/12/11).

Menkeu mengatakan, penggunaan dana SILPA dapat membuat infrastruktur di Indonesia semakin maju. Selama ini, salah satu hambatan bisnis adalah keterbatasan infrastruktur.

Tak optimalnya pembangunan infrastruktur di Indonesia juga menyebabkan ekonomi berbiaya tinggi. Terkait rincian proyek infrastruktur yang akan dilakukan, mantan Direktur Utama Bank Mandiri Tbk ini mengatakan, hal ini akan dibahas saat pembahasan APBN Perubahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com