Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Jaga Sektor Riil

Kompas.com - 20/12/2011, 16:52 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan jajaran pemerintah untuk menjaga sektor riil di tengah situasi krisis global dan melemahnya volume ekspor Indonesia ke luar negeri. Sektor riil dikatakan dapat menjadi penopang utama perekonomian Indonesia. "Sektor riil yang bagus mencegah dampak pemutusan hubungan kerja," kata Presiden saat menyampaikan pidato dalam acara penyerahan secara simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Istana Negara Jakarta, Selasa (20/12/2011).

Pada kesempatan itu, Presiden juga mendorong agar belanja modal dan belanja barang pada tahun anggaran 2011 harus lebih dioptimalkan. Kepala Negara mengatakan, belanja pemerintah dapat turut membuat perekonomian di Indonesia berjalan.

Saat ini, realisasi belanja pemerintah hingga 30 November ini mencapai 71 persen. Hingga akhir tahun, Presiden berharap, realisasi belanja pemerintah dapat lebih besar. Presiden juga menginstruksikan semua jajaran pemerintahan untuk memperbaiki proses dan hasil realisasi anggaran pada APBN serta APBD sehingga penyerapannya bisa optimal dibandingkan tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com