Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WTO Ajak Negara Hapus Proteksionisme

Kompas.com - 20/12/2011, 18:40 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal WTO Pascal Lamy dalam penutupan pertemuan WTO mengajak semua negara anggota untuk bersama-sama menghapuskan proteksionisme. Selain itu, juga mengambil langkah pendekatan yang berbeda sejalan dengan prinsip kebersamaan dan transparansi untuk menyelesaikan Putaran Doha.

Selanjutnya, Pascal Lamy mengharapkan semua negara anggota agar konsisten terhadap prinsip Sistem Perdagangan Multilateral sebagai solusi untuk dapat keluar dari krisis ekonomi.

Dalam siaran pers Kementerian Perdagangan, Selasa (20/12/2011), disebutkan, para menteri yang hadir dalam pertemuan tersebut menyatakan pentingnya negara-negara anggota WTO untuk menghapus dan menghentikan pemberlakuan hambatan ekspor bagi produk makanan dan pentingnya mengatasi akar masalah terkait pangan.

Sejumlah menteri juga menyatakan bahwa WTO masih dipercaya dan relevan untuk menangani tantangan global saat ini, seperti isu perubahan iklim, energi, ketahanan pangan, perdagangan dan nilai tukar, serta kompetisi dan investasi. Beberapa menteri menyatakan, saat ini tepat untuk memasukkan isu baru ini ke dalam pembahasan pada badan-badan WTO.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com