Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Perbankan Indonesia Stabil

Kompas.com - 21/12/2011, 17:06 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeringkat Fitch Ratings menyatakan di Jakarta, Rabu (20/12/2011) bahwa prospek perbankan Indonesia adalah stabil. Hal ini mencerminkan industri perbankan memiliki daya tahan.

"Perbankan Indonesia harus tetap berdaya tahan, terhadap kondisi perekonomian global yang menantang. Pendapatan yang stabil, provisi mencukupi dan permodalan, faktor tersebut membuat perlindungan bagi perbankan terhadap tantangan-tantangan," ujar Julita Wikana, Direktur Institusi Finansial Fitch.

Fitch memperkirakan, sektor perbankan dapat terus memberikan keuntungan lumayan pada tahun 2012, karena biaya pendanaan yang lebih rendah serta biaya kredit yang dapat dikelola akan dapat mengatasi tekanan kompetisi. Fitch memperkirakan pertumbuhan kredit sebesar 15 persen.

Baru-baru ini, Fitch meningkatkan peringkat dari delapan bank Indonesia setelah meningkatkan prospek peringkat negara Indonesia.

Fitch memperkirakan, net interest margin (NIM), yang merupakan margin tertinggi di Asia Selatan akan tetap kuat tetapi berada di bawah tekanan. Selain itu, ketatnya kompetisi pembagian pangsa pasar juga mungkin akan menurunkan NIM.

Kualitas aset dan biaya kredit, tampaknya juga akan tetap dapat dikelola dengan baik pada tahun 2012 di tengah situasi perekonomian yang cukup kondusif. Perkembangan lebih lanjut tampaknya akan berjalan dengan moderat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com