Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aqua Group Luncurkan Laporan Keberlanjutan

Kompas.com - 21/12/2011, 19:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aqua Group memulai babak baru dengan mengomunikasikan kinerja sosial dan bisnis melalui sebuah bentuk laporan yang disebut sebagai laporan keberlanjutan (sustainability report) yang disusun berdasarkan sustainability reporting guidelines (SRG) versi 3.0 terbitan Global Reporting Initiative (GRI).

Laporan Keberlanjutan Aqua 2010 itu diluncurkan di Jakarta, Rabu (21/12/2011), melalui acara diskusi bertema "Komitmen Ganda untuk Pembangunan Berkelanjutan” yang dihadiri Endang S Sunaryo, Vice President Research and Development Aqua Group; Sonny S Sukada, Direktur Departemen Pembangunan Berkelanjutan Aqua Group; Ali Darwin, Chairman NCSR (National Center for Sustainability Report); dan undangan.

Tentang komitmen perusahaan, Endang S Sunaryo mewakili manajemen Aqua Group menyampaikan, sebagai sebuah perusahaan yang menyajikan produk air minum dalam kemasan (AMDK) bagi masyarakat, Aqua Group memiliki komitmen ganda, yaitu sukses dalam hal bisnis serta sukses dalam bidang sosial dan lingkungan.

Apa yang dilaporkan dalam laporan ini merupakan inisiatif sosial dan bisnis Aqua Group, yaitu PT Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississippi, dan PT Tirta Sibayakindo, yang mengarah pada Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2010. Cakupan laporan meliputi 14 pabrik dan 14 Depo Aqua Group yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, yang memproduksi dan mendistribusikan produk minuman bermerek dagang "Aqua” dan “Mizone”.

Sonny S Sukada, Direktur Departemen Pembangunan Berkelanjutan Aqua Group, menjelaskan, "Sebagai sebuah laporan perdana, kami menyadari ini masih belum sempurna. Dalam proses ke depan akan terus kami perbaiki. Ini merupakan bagian dari komitmen dan proses pembelajaran yang dijalani perusahaan dalam ruang lingkup Pembangunan Berkelanjutan. Penerbitan laporan ini juga bentuk upaya transparansi dan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan."

"Banyak hal yang telah dilakukan Aqua untuk berkontribusi dalam Pembangunan Berkelanjutan. Meskipun belum semuanya sempurna, inisiatif tersebut telah dimulai di berbagai lini,” kata Sonny dalam siaran persnya, Rabu.

Pembangunan Berkelanjutan Aqua Group tecermin dalam program besar Aqua Lestari yang dikembangkan sejak 2006. Salah satu inisiatif Aqua Lestari adalah pelestarian air dan lingkungan bertolak dari model pengelolaan sumber daya air berbasis daerah aliran sungai, mulai dari hulu, tengah, hingga hilir.

Kegiatan tersebut memperhatikan empat aspek penting, yaitu kelestarian alam dan lingkungan, penguatan sosial-ekonomi, pendidikan lingkungan, serta penguatan kelembagaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com