Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Birokrasi Rem Laju Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 23/12/2011, 12:14 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Komite Ekonomi Nasional Aviliani, menyatakan, kinerja birokrasi mengerem laju pertumbuhan ekonomi. Hal ini ditunjukkan dari pola penyerapan anggaran yang menumpuk di triwulan III-IV sehingga kualitasnya jauh dari harapan.

Kecenderungan penyerapan anggaran, menurut Aviliani, adalah sebatas membuang-buang anggaran. Misalnya pembangunan infrastruktur di daerah banyak yang hasilnya tak efektif karena pembangunannya sekadar formalitas lelang untuk menyerap anggaran tanpa mempertimbangkan orientasi hasil.

Buruknya kinerja birokrasi, Aviliani menambahkan, jika tak segera diperbaiki dapat menyebabkan momentum emas yang dimiliki Indonesia melayang begitu saja.

Saat ini, ekonomi makro Indonesia dalam kondisi baik meskipun gejolak ekonomi global tengah terjadi menyusul kiris utang di Eropa. Bahkan baru-baru ini, lembaga pemeringkat Fitch menetapkan Indonesia sebagai negara layak investasi.

"Namun itu semua bisa menjadi tidak berarti kalau daya saing negara kita lebih buruk dibanding negara lain. Tiga kategori teratas dalam hal daya saing suatu negara adalah korupsi, bikrokrasi, dan infrastruktur," kata Aviliani. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com