Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghematan Pengadaan Migas 130 Juta Dollar AS

Kompas.com - 26/12/2011, 12:51 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penghematan pengadaan barang dan jasa di industri hulu minyak dan gas bumi pada 2011, mencapai 130 juta dollar AS (setara Rp 1,2 triliun). Itu berasal dari penghematan barang dan jasa, serta optimalisasi pemanfaatan aset kontraktor kontrak kerja sama.

"Pengadaan rig berkontribusi paling besar dengan penghematan senilai 34 juta dollar AS," kata Deputi Umum Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, Widjonarko, dalam siaran pers, di Jakarta, Senin (26/12/2011).

Menurut Widjonarko, total penghematan pengafaan barang dan jasa pada industri hulu migas tahun ini 130 juta dollar AS. Jumlah itu berasal dari penghematan barang dan jasa 92,8 juta dollar AS (per semester I), dan optimalisasi pemanfaatan aset KKKS 37,2 juta dollar AS (per 30 November). 

Jumlah penghematan total tahun 2011, baru akan diketahui saat kerja Forum Konsultasi Pengadaan Barang dan Jasa yang digelar Januari 2012 mendatang.

Meski demikian, pencapaian ini dipastikan melebih target yang ditetapkan sebesar 80 juta dollar AS dari pengadaan bersama, dan 25 juta dollar AS dari optimalisasi pemanfaatan aset. Pengadaan bersama adalah pengadaan kolektif oleh kontraktor KKS yang beroperasi di wilayah berdekatan.

Melalui mekanisme ini, biaya pengadaan barang danjasa tertentu bisa lebih efisien dibandingkan, jika kontraktor melakukan pengadaan secara individual dengan penyedia barang dan jasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com