Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Protes Tripartit

Kompas.com - 01/02/2012, 17:39 WIB
Hamzirwan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Suasana pertemuan tripartit di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta, Rabu (1/2/2012), berlangsung panas. Ratusan buruh protes karena tidak dapat mengikuti pertemuan antara serikat pekerja, pengusaha, pemerintah daerah di wilayah Banten, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di ruang rapat menteri.

Mereka bertahan di ruang Tridarma Kemenakertrans yang berada di seberang ruang kerja Menakertrans. Mereka mempertanyakan penunjukan 19 wakil serikat pekerja yang diundang rapat tripartit untuk membahas upah minimum Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Sedikitnya 50 polisi mengawal ketat pertemuan ini. Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Iman Sugianto memimpin langsung pengamanan pertemuan tersebut.

Buruh Tangerang menuntut Asosiasi Pengusaha Indonesia Tangerang mencabut gugatan surat keputusan Gubernur Banten soal penetapan upah minimum Tangerang di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Mereka mengancam akan memblokade jalan Tol Merak-Tangerang dan Tol Prof Dr Sedyatmo (bandara) pada Kamis (9/2/2012) jika tuntutan tidak dipenuhi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com