Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumitomo Tambah Investasi di Indonesia 10,1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 07/02/2012, 16:17 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumitomo Corporation, perusahaan asal Jepang, berencana menambah investasi di bidang energi di Indonesia sebesar 10,1 miliar dollar AS. Investasi ini tersebar di berbagai bidang energi, mulai batubara, geotermal, hingga listrik. Saat ini, nilai investasi Sumitomo yang sudah ada di Indonesia mencapai 5 miliar dollar AS.

Demikian hal ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Presiden Direktur Sumitomo Corporation Susumu Kato di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (7/2/2012).

"Di bidang future power energy project di Jawa Tengah sebesar 2,5 miliar dollar AS. Di bidang geotermal di Rajabasa sebesar 650 juta dollar AS. Geotermal di Muara Labo sebesar 700 juta dollar AS, penampungan gas sebesar 4 miliar dollar AS," kata Jero.

Di samping itu, ada dua proyek energi yang tengah proses tender. "Kedua proyek itu adalah Jawa Sumatera Power Connection project sebesar 1 miliar dollar AS, dan Indramayu coal power plant 1.000 megawatt sebesar 1,25 miliar dollar AS," kata Jero.

Menurut Jero, Indonesia merupakan negara investasi yang menjanjikan di mata pengusaha Jepang. "Political stability in Indonesia di mata mereka bagus," kata Jero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com