Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIP Aceh Melakukan Pemutakhiran DPT

Kompas.com - 09/02/2012, 18:52 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh saat ini sedang melakukan pemutakhiran data pemilih, menyusul putusan Makamah Konstitusi (MK) yang membuka kembali jadwal pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah di Aceh pada 18 Januari 2012 lalu. Sebelumnya KIP Aceh sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.227.586 orang, yang terdiri dari laki-laki 1.541.712 dan perempuan 1.635.874 orang.

Ketua Kelompok Kerja Panitia Pendaftaran KIP Aceh, Akmal Abzal, mengatakan hasil pemutakiran jumlah DPT akan ditetapkan 19 Februari 2012.

"Pemutakhiran data harus dilakukan kembali, karena sesuai dengan pengunduran jadwal pemilihan, pastinya ada pemilih pemula yang baru. Saat ini KIP Aceh belum mendapat laporan kendala dari KIP Kabupaten/Kota, jadi belum bisa menentukan langkah selanjutnya. Jadi masih menunggu," jelas Akmal, Kamis (9/2/2012).

Akmal mengatakan, KIP menghimbau pada seluruh masyarakat Aceh yang akan berusia 17 tahun pada 9 April mendatang, segera mendaftarkan diri pada petugas setempat. Petugas tidak lagi mendata dengan mendatangi rumah-rumah warga sudah selesai sehingga jika ada pemilih pemula baru yang sudah mencapai usia 17 tahun, diharapkan bisa melapor.

"KIP berpegang pada aturan, untuk mengunakan hak pilih masyarakat harus terdaftar dalam DPT," ujarnya.

Sebelumnya KIP Aceh telah menetapkan jadwal pemungutan suara pada 9 April 2012, melalui Surat Keputusan KIP No 31/2012. Hal ini dilakukan atas pertimbangan putusan akhir Mahkamah Konstitusi (MK), yang meminta agar KIP Aceh, mengundurkan jadwal pemungutan suara menjadi tangga 9 April 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com