Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Buka Rute Surabaya-Bandung

Kompas.com - 10/02/2012, 15:30 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan baru Surabaya - Bandung mulai Jumat (10/2/2012). Pembukaan rute domestik baru tersebut diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi kedua daerah khususnya di sektor wisata.

''Rute baru ini memudahkan masyarakat Bandung dan Surabaya untuk melakukan perjalanan bisnis atau wisata,'' kata Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, M Arif Wibowo saat peresmian penerbangan perdana di Bandara Juanda Surabaya, Jumat (10/2/2012).

Dijelaskannya, rute Surabaya - Bandung akan dilayani menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas kursi sebanyak 96, terdiri dari 12 kursi kelas eksekutif dan sisanya kelas ekonomi. Frekuensi penerbangan rute ini hanya sekali dalam sehari yakni berangkat pukul 12.35 WIB dan tiba pada 13.45 WIB. Sedangkan, penerbangan dari Bandung menuju Surabaya, berangkat pukul 14.30 WIB dan tiba pukul 15.45 WIB.

Selain membuka rute baru domestik, kata Arif,  sepanjang tahun 2012 Garuda juga akan buka sejumlah rute internasional, antara lain  Jakarta - Taipei pada Mei mendatang. ''Selain itu, juga meningkatkan frekwensi penerbangan Jakarta - Kuala Lumpur dari dua kali menjadi tiga kali dalam sehari mulai 19 Februari nanti,'' tambahnya.

Penambahan frekwensi domestik juga pada rute Jakarta - Pekanbaru dari lima kali menjadi enam kali dan Jakarta - Batam dari empat kali menjadi lima kali. Karena animo masyarakat cukup tinggi, jelas Arif, pihaknya menargetkan load factor penumpang Surabaya - Bandung setiap harinya mencapai 75-80 persen.

Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf menyambut baik pembukaan rute domestik Surabaya - Bandung tersebut. Menurut dia, indikator tumbuhnya suatu daerah dapat dilihat dengan tersedianya fasilitas transportasi yang memadai. ''Semoga rute ini menambah transaksi ekonomi antarprovinsi bagi Jatim yang selama setahun terakhir tercatat sebesar Rp 243 triliun,'' pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com