Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Nama Rekomendasi Perbanas Lolos Seleksi I OJK

Kompas.com - 20/02/2012, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga nama yang direkomendasikan Persatuan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) lolos Seleksi Administratif Pemilihan Calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK). Ketiganya adalah Peter Benyamin Stok (Komisaris Utama PT Bank BNI Tbk), Riswinandi (Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk), Umar Djuoro (Komisaris PT Bank Internasional Indonesia Tbk).

Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono mengungkapkan Perbanas berharap proses pemilihan calon DK OJK dapat berjalan lancar dan kandidat yang terpilih nantinya benar-benar memiliki kompetensi sesuai fungsinya. "Perbanas berharap untuk Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan berasal dari kalangan perbankan. Tentu harus yang berpengalaman dan ahli di bidang perbankan," ungkap Sigit, Senin (20/2/2012).

Begitupun untuk Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal dan Institusi Keuangan non-Bank, haruslah sosok yang punya keahlian yang bagus di bidang tersebut. Sekedar mengingatkan, jabatan DK OJK nantinya akan diisi oleh sembilan orang. Tujuh di antaranya dipilih melalui seleksi yang dipandu Panitia Seleksi DK OJK sementara dua lainnya merupakan pejabat ex-officio dari Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

Adapun jabatan yang tersedia untuk ketujuh calon yang terpilih lewat seleksi adalah Ketua merangkap anggota, Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian-Dana Pensiun-Lembaga Pembiayaan-dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota, Ketua Dewan Audit merangkap anggota, dan Anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan konsumen.

"Khusus untuk ketua sebaiknya juga mempunyai latar belakang dan keahlian di bidang perbankan mengingat sektor jasa keuangan sekarang masih dominan dengan pangsa pasar dari segi aset mencapai 78 persen," tutur Sigit.

Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK hari ini telah mengumumkan 87 nama yang lolos Seleksi Administratif (tahap pertama). (Astri Karina Bangun/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com