Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Bantuan bagi Warga Miskin

Kompas.com - 29/02/2012, 19:24 WIB
Luki Aulia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penduduk miskin akibat kenaikan bahan bakar minyak, pemerintah memiliki empat paket kebijakan, yakni bantuan langsung sementara masyarakat, tambahan beras miskin, subsidi siswa miskin, dan subsidi transportasi.

Empat kebijakan ini dianggap solusi tercepat untuk mencegah bertambahnya penduduk sangat miskin, miskin, dan penduduk yang berada sedikit di atas garis kemiskinan (near poor).

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengemukakan hal itu, Rabu (29/2/2012), di Jakarta. ”Empat kebijakan ini belum final. Bisa bertambah atau berkurang. Usulan ini harus disetujui DPR terlebih dahulu,” ujarnya.

Data dari Kemenko Kesra menunjukkan, jumlah penduduk miskin dan sangat miskin mencapai 29,9 juta jiwa. Adapun untuk kategori near poor mencapai 30 juta jiwa. Prakiraan total anggaran yang akan dialokasikan pemerintah bagi empat paket bantuan ini mencapai Rp 20 triliun-Rp 30 triliun.

”Semua paket bantuan ini akan diberikan bersamaan dengan kenaikan harga BBM,” kata Agung.

Untuk bantuan langsung sementara masyarakat, bentuknya sama dengan bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan itu akan diberikan kepada 18,5 juta rumah tangga yang terkena dampak kenaikan BBM.

Namun, sampai saat ini, kata Agung, pemerintah belum menetapkan jumlah bantuan yang akan diberikan untuk satu rumah tangga. ”Bantuan langsung tunai seperti ini diberikan ketika sedang krisis dan inilah saatnya,” ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com