Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda dan Pertamina Luncurkan Aplikasi "Fuel Reconcile System"

Kompas.com - 05/03/2012, 15:41 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk rangka meningkatkan sinergi antar BUMN, serta untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi proses penyiapan data dan pembayaran penggunaan avtur, Garuda Indonesia dan Pertamina pada Senin (5/2/2012) melakukan "Launching aplikasi Fuel Reconcile System melalui Fuel Online Garuda (FOGA) dan Online Sales Distribution System (OSDS) Pertamina".

Peluncuran sistem ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Emirsyah Satar dan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, di Auditorium Garuda Indonesia, Garuda City Center, Bandara Soekarno - Hatta.            

"Fuel Online Garuda (FOGA)" adalah aplikasi transaksional - yang terintegrasi dengan sistem SAP Garuda - yang berfungsi untuk mendata penggunaan fuel secara detail hingga per rute pesawat baik dari aspek operasional maupun finansial.

Sementara "Online Sales Distribution System (OSDS)" merupakan aplikasi  yang digunakan Pertamina unit Aviation untuk memonitor transaksi pengisian bahan bakar oleh Garuda dari sisi operasional maupun finansial. Salah satu fitur dalam aplikasi FOGA-OSDS yang difungsikan secara khusus adalah untuk memonitor transaksi dan pelaporan antara Garuda Indonesia dan Pertamina secara "daily basis".            

Melalui aplikasi ini maka rekonsiliasi data dapat dilakukan hari berikutnya secara akurat mengingat perbedaan data dapat diselesaikan pada hari yang sama atau selambat-lambatnya pada hari berikutnya.

Sebelum sistem ini diluncurkan, pencatatan transaksi penggunaan fuel oleh Garuda Indonesia maupun Pertamina dilakukan secara manual sehingga rekonsiliasi data final untuk penagihan dan pembayaran memerlukan waktu yang lebih lama hingga mencapai hitungan bulan.  

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan bahwa peluncuran sistem aplikasi FOGA dan OSDS di Garuda dan Pertamina ini merupakan sinergi antar dua BUMN untuk menciptakan sistem yang lebih baik yang menyederhanakan proses bisnis penghitungan dan pembayaran fuel yang dikonsumsi oleh Garuda.

"Melalui aplikasi FOGA-OSDS, data pengisian bahan bakar dapat diketahui kedua belah pihak secara real time. Dengan transaksi Rp 25 miliar perhari atau hingga Rp 9 triliun per tahun, maka verifikasi dapat lebih cepat dan akurat. Garuda juga dapat merencanakan penggunaan fuel secara lebih cepat dan tepat" tambah Emir.            

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan menyampaikan bahwa aplikasi FOGA-OSDS ini dipastikan dapat membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.  

"Melalui FOGA-OSDS, kedua perusahaan dapat memonitor transaksi pengisian fuel dan delivery receipt - sebagai bukti pengisian fuel - secara realtime. Selain itu, verifikasi sejak dini dapat dilakukan, sehingga proses pencatatan dan penagihan menjadi sangat efektif dan efisien bagi kedua perusahaan" tambah Karen.  

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com