Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: di Tengah Kritikan, Widjojo Besarkan Bappenas

Kompas.com - 09/03/2012, 13:13 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Profesor Widjojo Nitisastro besar sebagai tokoh ekonomi Indonesia yang tidak lepas dari kritik. Widjojo kerap dikritik sebagai tokoh ekonomi pro-Barat yang sukses menjadi arsitek awal pembentukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, dan Kementerian Keuangan.

Demikian kenangan yang diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa saat dihubungi di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (9/3/2012), tentang Profesor Widjojo Nitisastro. Widjojo wafat pada Jumat pukul 02.30 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Meskipun banyak kritik yang dialamatkan kepada beliau, namun tidak bisa dibantah bahwa beliau telah berhasil," ujar Hatta.

Menurut Hatta, Widjojo adalah tokoh arsitek pembangunan fondasi dasar Bappenas dan Kementerian Keuangan. Dia juga dikenal telah sukses membangun dasar-dasar pola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Widjojo juga menjadi orang yang berada di balik penyelamatan ekonomi Indonesia pada tahun 1960-an. Saat itu, Indonesia benar-benar dalam situasi ekonomi yang sangat buruk.

"Kita kehilangan seorang tokoh yang berjasa besar itu," kata Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com