Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belarus Berkunjung ke Indonesia Jajaki Kerja Sama Ekonomi

Kompas.com - 12/03/2012, 17:11 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Luar Negeri Republik Belarus Sergei Aleinik berkunjung ke Indonesia pada 11-14 Maret 2012. Sergei didampingi 12 anggota delegasi dari berbagai institusi di Belarus. Tujuan kunjungan tersebut adalah meningkatkan hubungan bilateral kedua negara khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, dan iptek.  

Demikian dikutip dari siaran pers Direktorat Eropa Tengah dan Timur Kemlu yang diterima hari ini (12/3/2012). Selama di Indonesia, Sergei direncanakan bertemu dengan Menteri Pertahanan, Menteri ESDM, Menteri Ristek, Wakil Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Perdagangan, Komisi I DPR, dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Sementara anggota delegasi Belarus lainnya secara terpisah akan melakukan pertemuan dengan pejabat di institusi Indonesia, antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Pertanian, Kadin, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung.  

Dalam catatan Direktorat Eropa Tengah dan Timur, Belarus adalah salah satu negara bekas Uni Soviet berpenduduk 9,4 juta dengan GNP per kapita 15.000 dollar AS.

Belarus merupakan salah satu negara penghasil potasium terbesar dunia dan penghasil pertambangan serta alat-alat berat dan alat-alat pertanian.

Nilai perdagangan Indonesia-Belarus pada 2011 mencapai 163 juta dollar AS atau naik 27,03 persen dibandingkan 2010 sebesar 128,3 juta dollar AS. Bagi Belarus, Indonesia merupakan mitra dagang keempat terbesar di Asia setelah China, India, dan Jepang pada 2011. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com