Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Kunjungi Pabrik Pesawat Embraer

Kompas.com - 13/03/2012, 14:04 WIB
Andreas Maryoto

Penulis

SAO PAULO, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan sejumklah pejabat eselon satu dan dua Kementerian Perdagangan mengunjungi pabrik pesawat Embraer, Senin petang waktu Sao Paulo atau Selasa (13/3/2012) dinihari waktu Indonesia.

Wartawan Kompas Andreas Maryoto dari Brasil melaporkan, kedatangan rombongan Indonesia ini diterima Eduardo Munhos de Campos, Vice President Embraer untuk Pemsaran Wilayah Amerika Latin dan Karibia. Gita mendapat penjelasan mengenai sejarah Embraer hingga produksi terbaru produsen pesawat itu.

Sejak berdiri Embraer telah mengirim produknya ke 60 perusahaan di 42 negara. Beberapa maskapai yang telah menggunakan produknya antara lain KLM, Lufthansa, JAL dan Alitalia. Embraer memproduksi sejumkah jenis pesawat muali dari pesawat komersial, pesawat militer, hingga jet eksekutif.

Untuk tahun ini, order pesawat yang sudah pasti nilainya 15,4 miliar dollar AS. Campos memperkirakan dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga membutuhkan konektivitas antarpulau, Indonesia ditargetkan bisa menyerap 230 pesawat Embraer komersial.

Usai mendapat penjelasan, rombongan diajak untuk melihat pabrik pesawat . Gita mengatakan, produk-produk industri Brasil berpotensi masuk ke pasar Indonesia, seperti pesawat terbang. Sebaliknya produk-produk tradisional Indonesia seperti sepaytu dan garmen dari Indonesia bisa masuk ke pasar Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com