Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2012, 17:17 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah tipis sebanyak 3 poin atau 0,06 persen menjadi 4.022,17. Nilai transaksi hari ini hanya sebesar Rp 3,65 triliun saja.

 

Para investor asing mencatatkan pembelian bersih sebesar RP 215 miliar. Saham yang paling banyak dibeli, antara lain adalah saham Bank Mandiri (BMRI), Telkom (TLKM) dan Bank BCA (BBCA).

 

Analis dari Panin Sekuritas dalam catatannya menuliskan bahwa tekanan indeks antara lain disebabkan oleh rencana Bank Indonesia, untuk menaikkan uang muka kredit motor dan rumah. Investor juga masih mencermai keadaan menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak.

 

Menurut analis dari e-Trading, secara teknis penurunan IHSG dalam empat hari berturut-turut berhasil tertahan oleh garis support terdekatnya pada level 4.003. Diperkirakan jika indeks turun lagi, titik support berikutnya adalah 3.977.

 

Sementara itu pasar saham Asia ditutup beragam. Pasar Tokyo tutup karena libur nasional. Indeks Hangseng turun 227,04 poin atau 1,07 persen menjadi 20.888,24, Kospi melemah 4,84 poin atau 0,23 persen menjadi 2.042,15 dan indeks Taiwan, Selandia baru dan Bangkok menguat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com