Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asing Hindari SUN, Rupiah Melemah Lagi

Kompas.com - 22/03/2012, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah kembali loyo pasca menguat selama dua hari sebelumnya. Mata uang Garuda keok seiring investor asing memangkas kepemilikan di obligasi negara. Pemicunya, masih terkait rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar, yang dikhawatirkan akan memicu kenaikan inflasi.

Nilai tukar rupiah melemah 0,3 persen ke posisi Rp 9.175 per dollar AS pada pukul 9.24 di Jakarta.

Sepanjang bulan ini, asing tercatat melepas kepemilikan di surat utang pemerintah sebesar Rp 2,6 triliun (282 juta dollar AS). Aksi jual itu dilakukan investor setelah pada 22 Februari lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, harga energi lokal perlu direvisi karena kenaikan harga minyak mentah global.

Sementara itu, menurut dokumen yang disampaikan kepada DPR, pemerintah Indonesia telah menaikkan target inflasi menjadi 7 persen, dari semula 5,3 persen.

"Rupiah masih akan cenderung melemah, karena banyak pesanan dari bank untuk membeli dollar. Mereka sedang menunggu, bagaimana tingkat inflasi mendatang," kata Dave Hartono, trader valuta asing di PT Bank ICBC Indonesia. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com