Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penetrasi Indosat Hingga 3.834 Kecamatan

Kompas.com - 22/03/2012, 17:43 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat sebagai operator seluler dengan cakupan nasional, terus berupaya meningkatkan kapasitas jaringan dan kualitas layanan serta memperluas jangkauan hingga ke wilayah terpencil. Kini, Indosat telah melayani lebih dari 51 juta pelanggan seluler secara nasional.

Layanan Indosat juga telah mencakup 33 propinsi, 429 kabupaten dan 3834 kecamatan, dengan didukung lebih dari 19.000 menara, termasuk BTS (menara) 2G dan 3G, baik di kota besar maupun daerah terpencil.

Teknologi 3G merupakan teknologi yang memungkinkan pelanggan mengakses internet lebih cepat sampai dengan  21 Mbps dengan teknologi HSPA+.

"Selama tahun 2011, berdasarkan survei regular oleh pihak independen,  performansi jaringan Indosat menunjukkan peningkatan yang telah dirasakan para pelanggan kami," kata Hans Moritz, Direktur dan Kepala Pengembangan Teknologi  Indosat, Kamis (22/3/2012) dalam surat elektroniknya kepada Kompas.

Tahun lalu, Indosat juga telah menginvestasikan dana Rp 6 triliun untuk meningkatkan infrastruktur dan pendukungnya. Indosat pun berupaya  meningkatkan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan melalui berbagai merek produk Indosat antara lain IM3 Powered by Indosat, Indosat Mobile, Indosat Internet dan Mentari.  

Sepanjang tahun 2011, Indosat telah berhasil melaksanakan berbagai upaya pengembangan jaringan antara lain, meningkatkan jumlah menara sebesar 13 persen dibanding tahun sebelumnya.            

Meningkatkan kapasitas layanan suara sebesar 16 persen, dan kapasitas data meningkat 75 persen dibandingkan tahun 2010. Hasilnya, pelanggan akan menikmati peningkatan kualitas komunikasi suara menjadi lebih jernih dan komunikasi internet menjadi lebih cepat.

Indosat juga meningkatkan kapasitas SMS secara nasional sebesar 48 persen,  sehingga meningkatkan keberhasilan pengiriman SMS diatas 99 persen. Lalu, memperluas layanan dan memperkuat jaringan 3G di berbagai wilayah seperti di Sumatera Bagian Selatan (Desa Sukajadi OKU Timur, kota Baturaja, kota Lubuk Linggau), Bali (Denpasar, Badung), Sulampapua (Manado, Makassar, Pare Pare, Sidrap, Pinrang, Bulukumba dan Selayar).

Juga mengoperasikan beberapa BTS yang menggunakan teknologi sinar surya di daerah rural sehingga hemat energi di berbagai daerah terpencil seperti di wilayah Sumatera Bagian Selatan  (Labuan Pering & Mendahara Tengah, Unit VII Sei Bahar Bukit Harapan, Mersam).

Kemudian, membuka pertama kali akses layanan telekomunikasi di daerah terpencil seperti di Desa Penyamun, Desa Lebong Tandai, Desa Muara Buat, Desa Senamat Ulu, Desa Batu Kerbau, Desa Belukar Manjang, Desa Baru, Desa Wonorejo, Desa Jembat Batu dan Desa Karya Mulya, semuanya di Sumatera Bagian Selatan. Indosat juga hadir pertama dan satu-satunya  di wilayah wisata Gunung Kelud - JawaTimur, di wilayah Nusa Tenggara Timur seperti Pulau Pomana - Maumere.  

"Indosat akan selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, melalui pembangunan jaringan dan pengembangan kualitas layanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com