Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba 1,2 Miliar Dollar, Hermes Bagikan Deviden

Kompas.com - 23/03/2012, 17:34 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Hermes International SCA berhasil membukukan kinerja cemerlang di sepanjang tahun lalu. Produsen barang-barang mewah tersebut berhasil meningkatkan penjualannya secara signifikan.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis pada Kamis (22/3/2012), laba operasional Hermes naik 33 persen menjadi 885,2 juta euro atau setara dengan 1,2 miliar dollar AS sepanjang tahun 2011.

Pencapaian tersebut lebih tinggi dari prediksi analis. Sebagai informasi, nilai rata-rata estimasi 15 analis yang disurvei Bloomberg mematok laba operasional hanya sebesar 857,3 juta euro. Selain itu, margin operasional perusahaan juga naik 31,2 persen, yang merupakan tertinggi sejak 1993 silam.

Terkait pencapaian tersebut, Hermes berencana membagikan dividen eksepsional kepada para pemegang saham sebesar 5 euro per saham dan dividen regular senilai 2 euro per saham.

Sekadar informasi, saham Hermes sudah melonjak 6 persen di sepanjang tahun ini. Hal itu menyebabkan nilai kapitalisasi Hermes juga naik menjadi 25,8 miliar euro.

Perusahaan yang bermarkas di Perancis itu selama ini dikenal sebagai pembuat barang-barang mewah dari bahan kulit asli, sutra, dan katun serta sepatu, tas, baju, parfum, dan aksesori lainnya. Beberapa jenis barang bahkan supermewah sehingga sampai ada sebuah tas yang terjual hingga Rp 1,8 miliar.(Kontan/Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com