Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Naik ke Level Tertinggi Sepekan

Kompas.com - 09/04/2012, 11:23 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga emas ditransaksikan menanjak pagi ini. Per pukul 11.03 waktu Singapura, harga emas di pasar spot naik 0,8 persen ke posisi 1.648,80 dollar AS per troy ounce. Ini merupakan level tertinggi dalam sepekan terakhir.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni naik 1,1 persen menjadi 1.648,20 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. Dengan demikian, sepanjang tahun ini, harga kontrak emas sudah menanjak 4,8 persen.

Kenaikan kali ini dipicu oleh data lapangan kerja AS yang lebih buruk ketimbang prediksi. Selain itu, para pedagang perhiasan di India sudah mulai kembali membuka tokonya. Hal itu tentu saja mendongkrak outlook permintaan emas dunia.

"Data lapangan kerja AS menyebabkan posisi dollar melemah sehingga meningkatkan permintaan aset-aset aman. Pasar emas saat ini tengah konsolidasi setelah turun pada pekan lalu," papar Xian Nan, analis Citic Futures Co.

Sepanjang pekan lalu, harga emas merosot 1,9 persen. Penyebabnya, dollar AS perkasa 1,1 persen terhadap enam mata uang utama dunia akibat spekulasi the Federal Reserve tidak akan menambah stimulus ke pasar finansial. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com