Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Godok Obligasi Rp 20 Triliun

Kompas.com - 10/04/2012, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keadaan ekonomi Indonesia yang stabil dan rendahnya bunga acuan membuat minat perusahaan sangat tinggi untuk menerbitkan obligasi. Bahkan hingga saat ini, sudah banyak perusahaan yang memasukkan rencana penerbitan surat utang tersebut ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Di pipeline kami saat ini sudah ada lebih dari Rp 20 triliun," terang Direktur Penilaian Perusahaan BEI Eddy Sugito, Selasa (10/4/2012).

Sayang Eddy enggan menyebut berapa perusahaan yang sudah menyampaikan dokumen mengenai peneribitan obligasi tersebut. Namun di antara perusahaan-perusahaan tersebut ada yang baru saja mengeluarkan obligasi. Seperti PT Atlas Resources Tbk (ARII) sebesar Rp 1 triliun dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) minimal Rp 2 triliun.

Tapi tetap saja, mayoritas perusahaan yang akan terbitkan obligasi ini bergerak di sektor keuangan.

Adapun total penerbitan surat utang hingga kuartal pertama 2012 mencapai Rp 64,78 triliun. Di mana penerbitan obligasi tersebut terdiri dari penerbitan obligasi korporasi dan sukuk mencapai Rp 10,80 triliun dan obligasi pemerintah serta sukuk mencapai Rp 53,98 triliun. (Anna Suci Perwitasari/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com