Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Alcoa Angkat Bursa Eropa

Kompas.com - 11/04/2012, 15:59 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pasar saham Eropa rebound, pasca kemarin tumbang ke level terendah dalam dua bulan. Bursa saham di benua biru ini sumringah lantaran rilis kinerja beberapa emiten yang menggembirakan.

Stoxx Europe 600 Index naik 0,4 persen ke posisi 253,59 pada perdagangan pukul 08.17 waktu London. Sementara itu indeks Stoxx 50 melaju 0,45 persen. Lalu, indeks FTSE 100 naik 0,25 persen, dan indeks DAX maju 0,62 persen. Laju pasar Eropa mengekor reli yang berlangsung di bursa futures Amerika Serikat meski mayoritas saham di pasar Asia memerah.

Kemarin, bursa Eropa anjlok hingga 2,5 persen karena mencuatnya kembali kekhawatiran krisis utang Eropa. Apalagi data dari AS juga kurang mendukung karena penambahan lapangan kerja lebih sedikit pada Maret lalu.

Hari ini, pasar Eropa sumringah, setelah Alcoa merilis kinerja kuartal pertama yang mengejutkan. Perusahaan ini mampu mencetak keuntungan, padahal analis menduga produsen aluminium ini akan menderita kerugian.

Beberapa saham yang terlihat paling menyokong laju indeks, antara lain, saham Norsk Hydro ASA yang naik 2,3 persen. Kemudian, saham Givaudan SA yang reli 3,4 persen, setelah melaporkan pertumbuhan penjualan di kaurtal pertama tahun ini.

Adapun, untuk hari ini, pasar Eropa juga akan menanti pidato Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy. Ia akan berbicara secara resmi, setelah bertemu dengan anggota parlemen dari Partai Rakyat untuk menjelaskan perihal pemotongan anggaran. Itu merupakan anggaran yang telah mendapat persetujuan dari Uni Eropa. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com