Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Puji Pasar Pangururan

Kompas.com - 12/04/2012, 18:11 WIB
Ester Meryana

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan memberikan pujian kepada Pasar Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, karena letaknya di tempat yang indah. Pasar Pangururan merupakan pasar percontohan keenam yang diresmikan Kementerian Perdagangan tahun ini.

"Saya baru pertama kali di suatu pasar dengan pemandangan yang sangat indah di sekitarnya," ucap Gita dalam peresmian Pasar Pengururan, di Samosir, Kamis (12/4/2012) sore.

Gita menyebutkan, Pemerintah telah mengalokasikan dana APBN 2011 sebesar Rp 17,5 miliar untuk merenovasi Pasar Pangururan. Pasar yang telah berdiri sejak tahun 1983 tersebut merupakan bentuk investasi bagi lebih dari 1.500 pedagang di Pulau Samosir.

"Kami sangat berharap pasar yang telah kita perbaiki ini dapat dirawat dengan baik oleh seluruh pihak, baik para pedagang maupun konsumen yang pada akhirnya dapat terus meningkatkan aktivitas perdagangan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat," ucap Gita.

Sementara Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan, "Kami percaya dengan sebuah komitmen yang kuat dengan pendampingan tiga tahun Pasar Pangururan akan berjaya dan sukses pada masa yang akan datang."

Untuk diketahui, pada 2011, Kementerian Perdagangan mengalokasikan anggaran Tugas Pembantuan untuk merevitalisasi pasar tradisional sebanyak 75 kabupaten atau kota, termasuk 10 pasar percontohan. Tahun ini, kementerian akan mengalokasikan anggaran Rp 180,5 miliar untuk merevitalisasi 20 pasar percontohan yang baru di 20 kabupaten atau kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com