Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Batubara Capai 90 Juta Ton

Kompas.com - 17/04/2012, 14:38 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan, realisasi produksi batubara triwulan ketiga tahun ini mencapai 90 juta ton, 70 persen di antaranya diekspor ke mancanegara.  

Demikian disampaikan Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Edi Prasodjo di sela acara pameran dan konferensi pertambangan ASEAN Australia, Ozmine 2012, Selasa (17/4/2012), di Jakarta.  

Pada kesempatan sama, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Supriyatna Suhala memaparkan, realisasi produksi batubara triwulan pertama tahun ini diperkirakan mencapai 100 juta ton.

"Data kami biasanya lebih besar dibandingkan dengan data pemerintah. Pasalnya, tidak semua bupati/wali kota melaporkan hasil produksi tambang di wilayahnya ke pemerintah pusat," ujarnya.  

Tahun ini, APBI memperkirakan, produksi batubara menembus angka 390 juta ton, lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi produksi tahun lalu yang sebesar 370 juta ton. "Kenaikan produksi batubara ini disebabkan banyak pemain baru di dunia industri pertambangan dan sejumlah perusahaan tambang melakukan ekspansi usaha," kata Supriyatna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com