Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengajuan Paket Direksi BEI Paling Lambat 2 Mei

Kompas.com - 18/04/2012, 15:45 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Nurhaida, menyatakan bahwa Bapepam-LK belum menerima paket direksi Bursa Efek Indonesia hingga kini. Ia pun menyebutkan, pengajuan paket direksi BEI paling lambat tanggal 2 Mei 2012. "Secara resmi belum tapi saya dengar-dengar itu memang pembentukan paket sudah mulai ada," sebut Nurhaida, di Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Ia mengatakan, untuk memilih direksi BEI, Bapepam-LK akan membentuk kepanitiaan, termasuk adanya komite uji kepatutan dan kelayakan. Pembentukan panitia dan komite tersebut memang telah tercantum dalam peraturan yang ada. "Nanti itu yang akan melakukan tugas uji kepatutan dan kelayakan," tambahnya.

Sementara untuk persyaratan, ia menyebutkan, direksi BEI harus mempunyai integritas yang baik. Pengalaman dengan jangka waktu tertentu di industri keuangan juga harus dipunyai. "Itu ada batasannya 5 tahun," sebut Nurhaida.

"Tetapi memang sesuai ketentuan yang sekarang ini bahwa pengajuan paket direksi bursa itu paling lambat tanggal 2 Mei," pungkasnya.

Untuk diketahui saja, dewan direksi BEI akan habis masa baktinya pada Juni mendatang. Seiring dengan habisnya masa bakti tersebut, Bapepam-LK pun baru mengesahkan revisi peraturan III.A.3 tentang Direktur Bursa Efek pada akhir Februari. Sebelumnya, Bapepam-LK juga merevisi peraturan tentang pemilihan direktur bursa efek 3 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com