Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 1.568 Pasar Direhabilitasi

Kompas.com - 23/04/2012, 15:48 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan telah menggelontorkan Rp 2,3 triliun untuk merehabilitasi sebanyak 1.568 pasar. "Pemerintah dalam hal ini berusaha keras untuk itu, dari tahun 2005 sudah mengalokasikan Rp 2,3 triliun untuk rehabilitasi 1.568 pasar," sebut Bayu, dalam diskusi Forum Wartawan Perdagangan, di Jakarta, Senin (23/4/2012).

Bayu menerangkan, pasar tumbuh luar biasa di Indonesia. Pertumbuhan pasar swasta atau mal 31,4 persen, sedangkan pasar rakyat tumbuh negatif 8,1 persen. Pertumbuhan yang negatif ini, kata di, karena konsumen menginginkan pasar dengan tujuh kriteria. Salah satu kriteria tersebut adalah pasar harus dalam kondisi yang sehat, bersih dan aman bagi konsumen. "Konsumen menginginkan produk pasar yang memiliki identitas yang jelas," tambah dia.

Oleh sebab itu, Kementerian Perdagangan pun melakukan upaya rehabilitasi pasar tradisional atau rakyat yang jumlahnya telah mencapai 10 ribu di Indonesia. "Kalau menurut saya kita berada di titik yang menentukan, apa kita mau membiarkan pasar domestik berkurang atau bagaimana," sebutnya. "

Yang kita dorong adalah bagaimana yang ideal pasar itu seperti apa, tapi lagi-lagi nantinya masing-masing pasar memiliki karakteristiknya bagaimana," pungkas Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com