Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pirelli Gandeng Astra Buka Pabrik Ban di Indonesia

Kompas.com - 24/04/2012, 14:03 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan asal Italia Pirelli menggandeng Astra Otoparts untuk membangun pabrik baru yang akan memproduksi ban sepeda motor konvensional di Indonesia. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Jakarta, Selasa (24/4/2012).

Penandatanganan nota kesepahaman disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Italia Giulio Terzi di San'Agata, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Duta Besar Italia untuk Indonesia Federico Failla. "Dalam perusahaan patungan yang baru dibentuk ini, Pirelli sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60 persen sedang Astra Otoparts 40 persen," sebut CEO Astra Otoparts Siswanto Prawiroatmodjo, di Jakarta, Selasa.

Investasi untuk pabrik yang akan berlokasi di sekitar Jabodetabek itu akan memakan dana investasi sebesar 120 juta dollar AS. Dana itu akan digelontorkan sepanjang tahun 2012-2014. Pembangunan pabrik akan dimulai pada kuartal IV 2012 di atas lahan seluas 25 hektar. Dan akan beroperasi penuh tahun 2016 dengan memperkerjakan 750 orang. "Pabrik baru ini diharapkan mulai beroperasi pada semester kedua tahun 2013," tambah dia.

Produksi tahun 2014 diperkirakan akan sekitar 2 juta unit ban sepeda motor konvensional. Dan pada saat beroperasi penuh, yakni tahun 2016, produksi akan mencapai 7 juta unit. Menurut Siswanto, dari jumlah 7 juta unit, sebanyak 3 juta akan dijual dengan merek dagang Astra. Sisanya yakni 4 juta unit akan dijual dengan merek Pireli atau Metzeler.

"Pabrik baru ini tidak hanya akan meningkatkan kapasitas produksi ban motor Pirelli saja, yang diproyeksikan akan tumbuh menjadi 16 juta unit pada tahun 2015 dari 13 juta unit pada tahun 2011, juga untuk meningkatkan eksistensi di pasar ASEAN yang saat ini merupakan pasar sepeda motor terbesar di dunia, dengan jumlah populasi 250 juta sepeda motor," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com