Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ANTM Baru Gunakan Rp 1 Triliun Dana Obligasi

Kompas.com - 26/04/2012, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sudah menggunakan dana hasil penerbitan obligasi sebesar Rp 1 triliun hingga kuartal pertama 2012 ini. "Sampai saat ini baru terserap sepertiganya," kata Direktur Keuangan ANTM Djaya Tambunan saat dijumpai di Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Dia memperkirakan, dana obligasi tersebut akan semakin banyak terserap pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. "Tapi semua tergantung kebutuhan," ungkapnya.

Sebagai catatan saja, tahun lalu, ANTM menerbitkan obligasi berkelanjutan sebesar Rp 4 triliun. Untuk tahap pertama yang diterbitkan pada akhir Desember lalu, dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp 3 triliun.

Dana hasil obligasi itu digunakan untuk beberapa pos. Dana sebanyak Rp 674 miliar atau 22,46 persen digunakan untuk investasi rutin pada unit-unit bisnis ANTM. Hal itu dimaksudkan guna menunjang kinerja operasional dan memelihara stabilitas produksi dalam bentuk pembangunan prasarana dan bangunan, serta pembelian mesin dan alat produksi.

Sementara, alokasi untuk unit bisnis pertambangan nikel Sulawesi Tenggara sekitar 5,40 persen, unit bisnis pertambangan nikel Maluku Utara sekitar 8,73 persen, dan unit bisnis pertambangan emas sekitar 8,33 persen. Sisanya, sebesar Rp 2,326 triliun atau 77,54 persen akan dipakai untuk pengembangan usaha. Di antaranya, belanja modal untuk renovasi, perbaikan, dan modernisasi pabrik feronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Untuk pabrik FeNi II tersebut, saat ini sudah kembali beroperasi setelah melakukan pergantian furnace roof dengan desain yang lebih baik, serta optimasi dinding tanur dengan memperkuat instalasi pendingin copper cooler yang bisa meningkatkan efisiensi penggunaan energi. Kegiatan optimasi tersebut menelan biaya lebih kecil dari anggaran yang ditetapkan sebesar Rp 187 miliar. (Anna Suci Perwitasari/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com