Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR Protes Klaim Peneliti AS atas Lebah Indonesia

Kompas.com - 26/04/2012, 16:47 WIB
Subur Tjahjono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Daryatmo Mardiyanto, memprotes "pembajakan" peran Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam penemuan spesies lebah baru (Megalara garuda) di Pegunungan Makongga, Sulawesi Tenggara, oleh Lynn S Kimsey dari Universitas California Davis (UCD) Amerika Serikat.

Publikasi sepihak temuan lebah raksasa oleh ilmuwan asal AS tersebut atas hasil penelitian bersama LIPI dengan UCD dilakukan pada sekitar bulan Maret lalu. Daryatmo menilai, publikasi sepihak tersebut sama saja dengan mengebiri atau tidak mengakui peranan LIPI dalam proses riset tersebut.

"Itu berarti tidak menghormati kedaulatan dan integritas Indonesia dalam percaturan ilmu pengetahuan dunia," ujar Daryatmo dalam siaran pers yang diterima Kompas, di Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Ketua Kelompok Komisi VII Fraksi PDI Perjuangan ini juga menegaskan, Menteri Riset dan Teknologi harus segera mengambil sikap dan langkah-langkah tegas untuk mengembalikan posisi LIPI sebagai lembaga riset nasional agar tidak dikesampingkan, atau bahkan dicemooh dalam percaturan ilmu pengetahuan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com