Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRAU Lirik Bisnis Pembangkit Listrik

Kompas.com - 30/04/2012, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti perusahaan tambang batubara lainnya, PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) pun mulai melirik bisnis pembangkit listrik. Rencananya, perusahaan tambang batubara itu akan membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan kapasitas 2x20 megawatt.

"Untuk powerplant masih jalan terus. September akan kami mulai pembangunannya," kata Diretur Utama BRAU Rosan P Roeslani seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Senin (30/4/2012). Pembangkit listrik tersebut akan dibangun dimulut tambang BRAU yang berada di Berau Kalimantan Timur.

Selain membangun PLTU, BRAU juga akan memulai pembangunan overland conveyor di tambangnya. Untuk pembangunan keduanya, Rosan memperkirakan perusahaannya akan menghabiskan dana mencapai 300 juta dollar AS. "Untuk porsi powerplantnya sih kecil hanya sekitar  60 juta dollar AS hingga 75 juta dollar AS. Dan sisanya ya untuk overland conveyor," lanjutnya.

Sebagai catatan, untuk tahun ini saja, BRAU menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar 160 juta dollar AS. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang berupa powerplant dan overland conveyor.

"Dana capex tahun ini berasal dari sisa obligasi. Obligasi kami kemarin sebesar 500 juta dollar AS yang sudah dipakai untuk refinancing utang sebesar 350 juta dollar AS dan sisanya ya untuk capex tahun ini," beber Rosan. (Anna Suci Perwitasari/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com