Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat UOB Indonesia AAA

Kompas.com - 30/04/2012, 17:16 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemeringkat kredit Fitch Ratings telah menegaskan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank UOB Indonesia berada pada AAA dengan prospek stabil.

Peringkat-peringkat tersebut mencerminkan dukungan dan komitmen yang kuat dan berkelanjutan dari induk perusahaan, United Overseas Bank (UOB berperingkat AA-/Stabil), yang memiliki 99 persen saham UOBI.

Pentingnya posisi UOBI terhadap UOB tercermin dari penggunaan nama yang sama, keselarasan operasional dalam beberapa bidang utama dengan grupnya, temasuk layanan teknologi informasi dan manajemen risiko. Setiap perubahan dalam dukungan perusahaan induk (UOB) akan berdampak pada peringkat UOBI, termasuk juga perubahan yang signifikan pada kinerja keuangan UOBI.

Rasio pinjaman bermasalah (non performing loan, NPL) turun menjadi 1,5 persen pada akhir September 2011 dari 2,8 persen pada akhir tahun 2010, seiring dengan membaiknya kualitas asset di semua segmen bisnis, dan berada di bawah rata-rata industri sebesar 2,2 persen pada akhir tahun 2011.

Fitch memperkirakan, kualitas aset UOBI akan tetap baik didukung dengan kriteria pemberian pinjaman yang ketat dan manajemen portofolio yang kuat sejalan dengan perusahaan induknya.

Posisi permodalan UOBI tetap kuat dengan rasio modal inti dan total kecukupan modal (CAR) masing-masing sebesar 17,2 persen dan 18,3 persen pada akhir September 2011. Ficth mencatat bahwa posisi permodalan UOBI tetap lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri dalam dua tahun terakhir (dibandingkan dengan 16 persen di akhir tahun 2011).

Berdasarkan perhitungan Fitch, rasio laba bersih terhadap total aset (ROA) turun menjadi sebesar 1,9 persen pada akhir September 2011 dari 2,9 persen pada akhir tahun 2010. Hal ini disebabkan karena menurunnya marjin laba bersih seiring dengan meningkatnya persaingan dalam bisnis pinjaman dan dana pihak ketiga.

UOBI adalah hasil meger PT Bank UOB Buana- bank yang memiliki fokus di segmen kecil dan menengah dengan basis pelanggan ritel yang kuat dan PT Bank UOB Indonesia, bank join ventura yang didirikan oleh UOB Ltd Singapore dan investor lokal, yang kuat di segmen korporasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com