Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Ekspor Mineral Mentah

Kompas.com - 01/05/2012, 18:15 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-  Pemerintah akan memperketat pengendalian volume ekspor komoditas tambang mineral dalam bentuk bahan mentah untuk menghindari kerusakan lingkungan. Hal ini sebagai masa transisi menjelang pelarangan ekspor komoditas mineral dalam bentuk bahan mentah pada tahun 2014 mendatang sesuai amanat aturan perundang-undangan mengenai pertambangan mineral dan batubara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, pemerintah wajib melaksanakan amanat Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara yang menyebutkan pelarangan ekspor komoditas tambang dalam bentuk bahan mentah mulai tahun 2014 mendatang. 

"Kami harus mengendalikan ekspor agar terkendali, tidak boleh jor-joran," kata dia, Selasa (1/5/2012), di Jakarta.

"Mereka tidak boleh eksploitasi berlebihan, produksi berlebihan, sehingga merusak lingkungan. Maka, ada pemikiran untuk memberikan sesuatu yang belum final, misalkan bea keluar, yang disampaikan Kementerian ESDM. Jadi ini bukan dalam rangka mencari pendapatan tetapi disinsentif, karena harus mengembangkan smelter dalam negeri," ujarnya menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com