Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Sewa Kantor di Jakarta Tertinggi

Kompas.com - 04/05/2012, 13:55 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan sewa gedung perkantoran di Jakarta termasuk yang tertinggi di Asia Pasifik selama kuartal I (Januari-Maret) tahun 2012. Ini berlangsung ketika sejumlah negara lain justru menghadapi perlambatan tingkat sewa.

Demikian paparan konsultan properti Jones Lang LaSalle terkait dengan indeks perkantoran premium di Asia Pasifik, Jumat (4/5/2012). Survei dilakukan terhadap perkantoran kelas premium (grade A) pada 27 kota besar di Asia Pasifik.

Beijing dan Jakarta menunjukkan pertumbuhan rental ruang perkantoran tertinggi di Asia Pasifik, yakni sekitar 50 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan sewa yang tinggi itu didukung ekspansi usaha yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Jeremy Sheldon, Head of Asia Pacific Markets Jones Lang LaSalle, mengemukakan, perusahaan domestik menjadi penggerak utama pertumbuhan pasar sewa perkantoran di Jakarta pada kuartal I-2012.

Sebaliknya, di sejumlah wilayah terjadi perlambatan permintaan sewa seiring dengan kehati-hatian perusahaan, perlambatan sektor keuangan, dan menurunnya pasokan.

Selama kuartal I-2012 terjadi pertumbuhan sewa perkantoran pada 13 kota besar di Asia Pasifik jika dibandingkan dengan kuartal IV (Oktober-Desember) tahun 2011. Kondisi statis berlangsung di tiga kota, sedangkan penurunan sewa kantor terjadi di 11 kota besar.

Secara umum, sewa perkantoran di Asia Pasifik pada kuartal I-2012 tumbuh rata-rata 0,2 persen daripada kuartal sebelumnya.

Jane Murray, Head of Asia Pacific Research at Jones Lang LaSalle, memprediksi pertumbuhan sewa perkantoran di Asia Pasifik secara umum akan melambat pada tahun 2012 jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Ketidakpastian perekonomian global, khususnya di zona Eropa, telah berdampak pada penurunan permintaan sewa perkantoran pada awal tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com